HWU RIG

Berkenalan dengan HWU RIG

Pada bidang produksi minyak dan gas istilah HWU RIG tentu tidak asing lagi. RIG HWU ini merupakan sebuah unit berskala kecil untuk industri minyak dan gas. Keberadaan unit ini tentunya akan sangat membantu dalam hal industri minyak dan gas skala kecil. Saat ini di Indonesia sendiri sudah memiliki perusahaan lokal yang dapat menyediakan layanan workover. Sebuah solusi yang berpotensi meningkatkan perkembangan industri minyak dan gas di Indonesia.

Sumber daya yang ada di Indonesia sudah sepantasnya mendapatkan penanganan yang tepat dari tangan anak bangsa dan hasilnya kembali ke bangsa Indonesia. Tentu saja, secara teknologi masih kalah dengan perusahaan-perusahaan penyedia workover dari luar negeri. Namun, bila tidak mendapatkan support tentu saja layanan workover dari Indonesia tidak bisa berkembang dengan baik. Bagi orang-orang di industri minyak dan gas, mengetahui dan memahami mengenai RIG HWU adalah keharusan.

Apa Itu HWU RIG?

HWU RIG memiliki nama lain snubbing unit yang merupakan unit rig berskala kecil untuk workover atau drilling operation. Istilah tersebut merupakan kependekan dari Hydraulic Workover RIG. RIG HWU sendiri merupakan sebuah inovasi baru dalam pengeboran sumur baru atau perawatan sumur.

Unit HWU adalah salah satu peralatan yang dapat Anda gunakan untuk melakukan perawatan terhadap sumur dengan menggunakan sistem kerja hidrolik. Unit ini terbukti mampu menggantikan peran Jack up RIG dalam hal pengeboran sumur baru. Hal ini juga merupakan prestasi gemilang dari PT Elnusa Tbk dalam proyek pengeboran sumur baru di Blok Mahakam. PT Elnusa Tbk menjadi perusahaan pertama yang menggunakan snubbing unit untuk mengebor sumur baru dan berhasil. 

Umumnya, snubbing unit fungsinya adalah untuk mengerjakan ulang sumur-sumur tua yang ada guna meningkatkan produksi dari sumur tersebut. Dengan kata lain biasanya snubbing unit ini menjadi andalan untuk pengeboran sumur lanjutan. Snubbing unit dari Elnusa merupakan unit yang sudah melalui proses fabrikasi mandiri sehingga bukan snubbing unit pada umumnya. Tentu saja tidak menutup kemungkinan bahwa di masa depan HWU RIG kembali mendapatkan inovasi baru guna memaksimalkan pengelolaan minyak bumi.

Komponen HWU RIG

Walaupun memiliki desain konstruksi unit yang tergolong sederhana, snubbing unit ini memiliki komponen yang cukup banyak. Anda harus mengetahui mengenai komponen-komponen dalam snubbingkhususnya yang memainkan peran penting pada proses pengeboran. Berikut ini adalah komponen-komponen dari snubbing unit yang dapat Anda ketahui dan pelajari.

Power Pack

Ketika mendengar namanya Anda pasti sudah mengira bahwa fungsi dari komponen bernama power pack ini merupakan sumber daya dari HWU RIG. Ya, power pack adalah komponen yang berperan dalam menghasilkan tenaga melalui pergerakan fluida hirdolik. Tenaga dari power pack ini akan memutar pompa hidrolik sehingga pengoperasian snubbing jack dan sistem BOP menjadi mungkin untuk Anda lakukan.

Snubbing Jack

Ini adalah bagian dari HWU yang bertugas untuk menahan pipa dan gaya dari silinder hidrolik. Snubbing jack sendiri merupakan salah satu tipe dari snubbing yang ada dan menjadi jenis snubbing yang paling banyak penggunaannya. Snubbing jack memiliki kemampuan lebih untuk menangani berbagai masalah yang muncul pada sumur besar yang memiliki tekanan permukaan dari sendang hingga tinggi. Selain itu, snubbing jack juga dapat beroperasi dengan ada maupun tidaknya rig pengeboran. Sehingga tidak mengherankan bila penggunaan snubbing unit ini sangat populer.

Work Basket

HWU RIG tentunya membutuhkan kru yang harus bertugas untuk mengoperasikan unitnya. Nah, di sinilah para kru snubbing unit tersebut melaksanakan tugasnya. Bentuk lokasi kerja ini memang menyerupai keranjang yang lebar sehingga mendapatkan nama work basket.

Power Tongs

Komponen berikutnya dari snubbing unit adalah power tongs. Komponen ini berguna untuk membuat atau memutuskan sambungan yang ada di dalam pipa string. Sekilas bentuk alat ini menyerupai meja putar dan perbedaan yang paling menonjol adalah keberadaan hydraulic water-nya.

Powered Rotary Table

Rotary table adalah perangkat yang memiliki fungsi mengatur positioning dengan presisi. Biasanya alat ini terpasang di bagian lantai bor dan bagian atasnya adalah traveling block. Rotary table memiliki banyak sekali fungi dalam hal pengeboran. Selain itu, rotary table memungkinkan pengguna untuk memasang secara horizontal, vertikal, dan terbalik. Dalam hal ini tentu akan mempengaruhi pemasangan komponen snubbing unit yang lainnya. Hal ini erat kaitannya dengan lokasi pengeboran minyak dan gas yang Anda lakukan.

Guide Tube

Pada dasarnya guide tube adalah sebuah jalur silinder yang berguna untuk mengarahkan alat-alat lainnya dan menjadi pengencang. Komponen ini berguna untuk memastikan bahwa pipa-pipa snubbing unit tidak bengkok. Guide tube terbuat dari bahan plastik polimer yang memiliki fleksibilitas dan tahan lama. Sama halnya dengan rotary table, guide tube juga berperan dalam pengaturan akurasi dan presisi.

Lokasi pemasangan dari guide tube adalah di bagian bawah travelling slips. Guide tube ini sangat mungkin untuk mengalami modifikasi seperti pemotongan panjang dan penambahan panjang.

Travelling Slips

Komponen selanjutnya dari snubbing unit yang tak kalah pentingnya adalah travelling slips. Komponen yang satu ini merupakan bagian dari travelling assembly. Travelling slips merupakan komponen yang dapat bergerak secara vertikal saat silinder rods diperpanjang atau ditarik kembali.

Tipe-Tipe Snubbing HWU RIG

Dari pembahasan mengenai komponen-komponen dari HWU RIG di atas tentunya Anda mengetahui bahwa snubbing memiliki beberapa tipe. Setiap tipe snubbing memiliki bentuk yang berbeda dan fungsi yang berbeda. Berikut ini adalah 3 buah tipe snubbing yang dapat Anda ketahui dan pelajari.

Conventional Unit 

Tipe pertama dari snubbing adalah tipe conventional unit. Tipe ini memiliki bentuk penampang yang cukup sederhana. Snubbing tipe conventional unit terdiri dari kabel, stationary head dan slip bowls, traveling heads dan slip bowls, counter balance weight, BOP kontrol, power pack, dan acumulator reserve. Fungsi dari tipe snubbing yang satu ini adalah memasukkan dan mengeluarkan drill string dari lubang sumur bor. Dari bentuknya Anda mungkin sudah dapat memperkirakan bahwa tipe snubbing yang satu ini cukup ringan dan ringkas. Jadi, sangat menghemat biaya transportasi dan operasional pengeboran secara keseluruhan. Namun sayangnya, tipe snubbing ini tidak memiliki sistem guide tube.

Snubbing Longstroke

Sesuai dengan namanya, HWU RIG satu ini memiliki ukuran yang lebih panjang dan punya stroke maksimal hingga 36’. Angka ini terhitung cukup tinggi karena stroke jenis snubbing lain biasanya hanya mencapai 20’ hingga 30’.

Hydraulic Jack

Jenis snubbing yang satu ini merupakan jenis snubbing dengan panjang stroke 8’ hingga 14’. Hydraulic jack dapat menahan tekanan hingga 20.000 psi dan menggunakan sistem tubing gauge. Dengan daya tahan tekanan yang mencapai angka 20.000 psi tentu saja hal ini menjadi kelebihan dari hydraulic jack. Sedangkan kelemahan dari jenis snubbing satu ini ada pada kecepatannya yang relatif lambat. Selain itu, pembangunannya harus di atas BOP Stack.

Kelebihan HWU RIG

Seperti yang Anda ketahui bahwa penggunaan HWU RIG oleh Elnusa untuk mengebor sumur baru telah berhasil. Hal ini tentunya menjadi kelebihan istimewa dari unit HWU itu sendiri. Namun, tentu saja ada kelebihan-kelebihan atau keuntungan lain dari penggunaan snubbing unit ini, bukan? Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari penggunaan snubbing unit untuk melakukan perawatan terhadap sumur baru.

Jangkauan Area yang Luas

Setiap peralatan untuk perawatan maupun pengeboran sumur di berbagai lokasi memiliki jangkauan area. Ada alat yang hanya bisa Anda gunakan di area daratan saja dan ada pula alat yang hanya bisa melakukan pengeboran sumur di area laut saja. Dengan snubbing unit Anda tidak akan terbatas oleh jangkauan area karena snubbing unit dapat melakukan pengeboran sumur di lain maupun darat.

Bukan hanya itu saja, snubbing unit ini dapat Anda gunakan untuk melakukan pengeboran di area yang sempit sekalipun. Bahkan, di daerah tengah hutan yang masih tidak mungkin menggunakan transportasi darat tidak menjadi masalah yang berarti untuk snubbing unit ini.

Transportasi Unit Lebih Mudah

Ketika melihat bentuk fisik dari peralatan pengeboran bernama HWU RIG ini Anda pasti sudah melihat bahwa ukuran maupun desainnya sangatlah ringkas. Sehingga tidak banyak komponen yang harus Anda pindahkan dari lokasi penyimpanan alat ke lokasi pengeboran minyak dan gas.

Terlebih bahan konstruksi dari snubbing unit menggunakan bahan-bahan ringan namun kuat. Hal ini tentu saja dapat membantu proses transportasi unit lebih mudah dan tentunya lebih murah juga.

Memiliki Rotary Table

Teknologi unik yang ada pada snubbing unit ini bernama rotary table atau meja putar. Perangkat ini dapat membantu HWU RIG untuk melakukan deepening well sehingga menjadi unit pengeboran yang sangat praktis. Selain itu, rotary table ini juga dapat memutar work string sehingga sangat membantu pada saat proses finishing pengeboran.

Lebih Hemat Biaya

Biaya merupakan hal yang sangat penting pada proses pengeboran karena tanpa dukungan biaya yang memadai proses pengeboran akan sangat sulit atau bahkan tidak mungkin sama sekali. Penghematan biaya sudah pasti dilakukan oleh perusahaan yang melakukan proses pengeboran minyak dan gas. Namun, bila kebutuhan alat dan sebagainya tinggi tentu saja perusahaan akan kesulitan untuk menghemat biaya dan membutuhkan biaya yang besar.

HWU RIG memiliki konstruksi yang ringan dan sederhana sehingga biaya untuk unit ini tidaklah sebesar unit yang lain. Ini menjadi poin penghematan yang penting terhadap proses pengeboran baik itu di darat maupun laut. Sistem hydraulik dari snubbing unit dapat membantu mengurangi biaya fluida untuk mematikan sumur hasil bor. Bukan hanya itu saja, penggunaan snubbing unit juga dapat mengurangi biaya yang Anda butuhkan untuk start-up sumur.

Pengurangan biaya fluida artinya kebutuhan akan fluida tersebut berkurang. Hal ini berefek pada menurunnya potensi kerusakan formasi akibat berat dari penggunaan fluida. Sistem dari snubbing unit juga memungkinkan Anda untuk melakukan pengurangan terhadap penggunaan peralatan pumping. Demikianlah pembahasan mengenai HWU RIG yang bisa Anda pelajari. Ini merupakan unit inovasi baru di bidang minyak dan gas yang cukup menarik, bukan? RIG HWU mampu memberikan perubahan signifikan terhadap produksi minyak dan gas di Indonesia. Lebih lanjut lagi tentu akan muncul lagi unit-unit baru yang lebih efektif, efisien, dan minim dampak negatif untuk memaksimalkan produksi minyak dan gas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top