rotary table

Rotary Table

Mengenal Lebih Dekat Mengenai Rotary Table

Pernahkah Anda mendengar alat yang bernama rotary table atau meja putar? Alat yang satu ini merupakan alat untuk mempermudah pekerjaan bidang industri manufaktur logam. Bagi Anda yang berasal dari industri ini tentunya sudah tidak asing lagi dengan meja putar ini. Namun, bagi Anda yang masih pemula di bidang industri manufaktur logam pastinya ini menjadi pertama kalinya Anda mendengar alat bernama meja putar ini. Jadi, Anda pastinya penasaran mengenai alat industri logam yang satu ini.

Memahami mengenai meja putar tentunya akan membantu Anda lebih paham mengenai industri manufaktur logam. Industri ini membutuhkan ketepatan, kecepatan, dan kekuatan yang pas agar bisa menghasilkan produk logam terbaik dan sesuai dengan rancangan produk. Produksi logam tentunya tidak sama dengan produksi produk-produk lainnya terlebih mengenai kekuatan dan karakteristik bahan. Ulasan ini akan membantu Anda memahami mengenai meja putar dengan baik.

Apa Itu Rotary Table?

Ketika pertama kali mendengarnya Anda mungkin akan membayangkan meja berbentuk bulat yang besar dan dapat Anda putar. Bayangan ini tidak benar juga tidak salah karena kurang lebih memang seperti itulah rotary table itu. Hal ini juga menjadi alasan mengapa alat ini mendapatkan nama meja putar. Meja putar merupakan sebuah alat yang dapat membantu mengatur presisi mesin untuk memosisikan bidang kerja pada industri manufaktur logam.

Anda harus memastikan bahwa meja putar ini selalu bersih dari lumpur agar tidak membuat operator lantai bor tergelincir. Proses pembersihan dari lumpur bisa Anda lakukan dengan semprotan air.

Dengan adanya alat ini proses pembuatan produk logam bisa sesuai dengan rancangan. Anda tentunya paham betul bahwa presisi dalam positioning sangatlah penting dalam industri manufaktur logam. Oleh karena itu, keberadaan alat bernama meja putar ini sangatlah penting dan berpengaruh besar.

rotary table

Perihal Kinerja Meja Putar

Bagian meja putar memang berbentuk bulat tetapi nantinya alat ini akan terpasang di lantai bor. Bagian tengah meja putar ini berlubang sebagai lokasi dari master bushing. Ketika meja putar yang ada di lantai bor berputar akan menyebabkan perputaran pada master bushing. Akibatnya, kelly bushing akan ikut berputar seirama dengan master bushing dan meja putar.

Posisi pemasangan rotary table tegak lurus dengan traveling block yang ada di bagian atas lantai bor. Meja putar ini memiliki kapasitas beban seberat 100 hingga 600 ton beratnya. Sedangkan untuk kecepatan sendiri, meja putar bisa memproses 35 hingga 200 putaran per menit. Arah putaran meja putar ini searah dengan jarum jam.

Kecepatan dari meja putar ini memiliki pengatur yang bernama driller. Meski demikian, tipe mata bor dan lapisan yang perlu ditembus oleh meja putar juga mempengaruhi kecepatan dari meja putar. Anda tentu juga penasaran mengenai bagaimana sistem penyaluran tenaga dari meja putar ini, bukan?

Meja putar memiliki dua cara sistem penyaluran tenaga. Cara pertama adalah melalui rantai penggerak ke drawwork atau otak unit pemboran. Selanjutnya, sistem penggerak rantai ini akan menggerakkan meja putar. Cara keduanya adalah melalui hubungan langsung dengan penggerak permulaan atau prime mover independent drive.

Fungsi Rotary Table?

Rotary table memiliki fungsi utama untuk positioning bidang kerja tetapi tentu saja bukan hanya ini fungsi dari meja putar. Dengan mekanisme alat yang terlihat sederhana namun sebenarnya rumit, meja putar punya beberapa fungsi dalam mengerjakan perannya di industri manufaktur logam. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari meja putar yang dapat Anda ketahui.

  • Membentuk lingkaran atau radius dalam perlengkapan mesin frais.
  • Membagi bidang segi banyak yang beraturan maupun tidak beraturan dengan sudut tertentu dalam satu keliling lingkaran di pusat sumbu.
  • Membagi jarak-jarak lubang atau alur dalam pelengkapan mesin frais.

Fungsi-fungsi tersebut adalah fungsi umum yang ada pada meja putar. Namun, meja putar memiliki 3 jenis antara lain meja putar horizontal, universal miring, dan horizontal atau vertikal. Masing-masing meja putar ini tentu saja memiliki fungsi tersendiri pada setiap jenisnya.

Penggunaan Rotary Table?

Rotary table memegang peran yang cukup penting pada mesin frais atau mesin pengeboran dan menjadi bagian alat yang tergabung pada sistem putar atau rotary system. Ada banyak sekali peran atau penggunaan dari meja putar itu sendiri. Alat yang memiliki bentuk yang cukup sederhana ini dapat membantu mengolah permukaan yang datar pada baut. Selain itu, meja putar juga bisa Anda gunakan untuk memotong benda-benda berbentuk bulat. Anda juga bisa menggunakan meja putar sebagai alat untuk membuat lubang pada flensa lingkaran dengan pengaturan jarak antar lubang yang sama.

Menariknya, meja putar ini juga bisa Anda gunakan untuk mengebor atau membuat lubang dengan diameter yang cukup besar pada mesin milling. Meja putar juga sangat mungkin untuk Anda gunakan sebagai alat pemotong lengkungan kompleks dan mencampur berbagai heliks menjadi satu.

Sekarang Anda tentunya tahu apa-apa saja penggunaan rotary table dalam industri manufaktur logam. Hanya dengan satu alat saja Anda sudah bisa melakukan berbagai macam kebutuhan industri. Ini tentu cukup menjadi alasan mengapa meja putar merupakan alat yang penting dalam dunia industri logam. Agar bisa mengemban beban kerja yang begitu banyak dan tinggi, tentunya Anda harus memilih meja putar yang tepat dan berkualitas.  

Pemasangan Rotary Table

Ketika mengetahui bahwa meja putar harus terpasang di lantai bor, Anda pasti berpikiran bahwa letak dari meja putar ini pasti ada di bagian bawah. Namun, meja putar memiliki tiga buah gaya pemasangan, yaitu horizontal, vertikal, dan bahkan terbalik.

Apabila Anda memasangnya secara horizontal, posisi permukaan meja datar, tegak, dan horizontal. Sedangkan bila Anda memasang meja putar secara vertikal, maka posisi meja putar bisa berjalan naik dan turun. Untuk pemasangan secara terbalik, ini artinya Anda akan memasang meja putar di posisi kebalikan dari pemasangan secara horizontal.

Mengenai pemasangan meja putar ini sendiri sangat bergantung kepada kebutuhan Anda terhadap meja putar. Posisi pemasangan meja putar yang berbeda-beda menandakan bahwa posisi lantai bor dan traveling block pun bisa bervariasi.  

Tips Memilih Rotary Table

Pemilihan meja putar sangatlah penting karena Anda membutuhkan meja ini untuk presisi pemosisian sehingga membutuhkan kecocokan dan ketepatan meja putar sesuai kebutuhan. Anda mungkin akan membutuhkan tips untuk memilih meja putar yang tepat untuk kebutuhan pengeboran. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memilih dan membeli alat bernama meja putar ini.

Diameter Meja Putar

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika memilih rotary table adalah diameter dari meja putar itu sendiri. Diameter meja putar di sini adalah bagian permukaan meja putar yang berbentuk seperti piringan. Anda harus melakukan pertimbangan mengenai seberapa panjang diameter meja putar yang Anda butuhkan.

Diameter Lubang Tengah

Seperti yang Anda ketahui bahwa bagian permukaan meja putar memiliki lubang dan lubang ini bernama lubang tengah. Nah, diameter lubang tengah ini ada bermacam-macam sehingga Anda pun harus mempertimbangkannya dengan baik. Selebar apa diameter lubang tengah yang Anda butuhkan untuk proses industri logam Anda?

Beban Aksial Maksimum

Spesifikasi dari meja putar yang satu ini merupakan hal yang penting sekali untuk Anda perhitungkan dengan baik. Beban aksial maksimum adalah batasan atas atau maksimal meja putar dalam menangani beban yang dikenakan terhadap meja putar. Anda harus memperhitungkannya baik itu pada segi horizontal maupun vertikalnya.

Beban aksial ini berhubungan langsung dengan kebutuhan Anda terhadap meja putar itu sendiri. Pastikan Anda memilih rotary table yang mampu menangani beban kerja harian Anda dengan baik. Kalau mungkin Anda lebih baik memilih meja putar yang memiliki kapasitas beban aksial maksimum melebihi kebutuhan Anda. Hal ini tentu akan membantu meringankan beban kerja sehingga alat meja putar bisa lebih awet lagi.

Bila Anda memilih meja putar yang kemampuan menahan beban lebih tinggi tentunya harga dari meja putar itu sendiri akan meningkat. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir bila ada kenaikan beban kerja yang harus meja putar tanggung. Apabila Anda dalam bisnis, tentunya akan menguntungkan bila Anda bisa memproduksi logam lebih banyak ketika membutuhkannya, bukan? Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk benar-benar mempertimbangkan beban aksial maksimum dari meja putar sebelum membelinya.

Kecepatan Rotasi Meja Putar

Sama halnya dengan beban aksial maksimum, rotasi meja putar juga berhubungan langsung dengan kemampuan dari meja putar itu sendiri. Setiap pengeboran dalam industri manufaktur logam tentunya membutuhkan kecepatan rotasi meja putar yang berbeda-beda. Nah, produsen dari meja putar sendiri akan menyediakan informasi mengenai batasan maksimal meja putar bisa melakukan rotasi setiap menitnya.  

Anda hanya perlu menyesuaikan kebutuhan kecepatan rotasi terhadap kebutuhan Anda terhadap rotary table itu sendiri. Untuk memastikan bahwa meja putar bisa bekerja secara maksimal dan tidak menimbulkan kerusakan yang tidak perlu, Anda tentu tidak boleh selalu menekan ke batas maksimal. Dalam beberapa saat Anda boleh menggunakan kecepatan maksimal dari meja putar, akan tetapi tentu tidak boleh secara terus-menerus.

Karena hal itu dapat berpotensi meningkatkan kemungkinan kerusakan meja putar lebih cepat dari seharusnya. Sebagai pengguna Anda tentu berharap bisa menggunakan meja putar dalam jangka waktu yang panjang mengingat harga per unitnya pun tidak murah. Anda bisa memilih meja putar yang memiliki kapasitas kecepatan putar di atas kebutuhan Anda. Dengan demikian, beban kerja meja putar menjadi ringan dan dapat bekerja dalam waktu yang panjang.

Inkrementasi Indeks Minimum

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan ketika membeli meja putar adalah inkrementasi indeks minimum. Ini merupakan pengaturan sudut terkecil yang ada pada meja putar. 

Demikianlah yang bisa Anda pelajari mengenai rotary table. Industri manufaktur logam merupakan industri yang memiliki peran besar terhadap infrastruktur dan transportasi. Sebagai orang yang berada di industri ini sudah semestinya Anda mengetahui mengenai alat-alat industri, bukan? Meja putar hanyalah salah satu dari sebagian besar alat industri logam. Setelah ini masih banyak hal yang perlu Anda ketahui dan pelajari dari industri manufaktur logam.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top